Pengaruh Wasit Terhadap Kualitas Sepakbola Indonesia

Pengaruh Wasit Terhadap Kualitas Sepakbola Indonesia

Baru saja sekitar lebih dari satu jam yang lalu berakhirlah pertandingan super league Arema Vs Persebaya. pertandingan yang lumayan menarik disepanjang jalannya pertandingan, seringkali kedua kesebelasan memberikan suguhan rapinya kerjasama penyerangan dan tim lain menyuguhkan kokohnya barisan pertahanan. Sekilas pun saya melihat keramaian di warkop di dekat rumah saya, mereka bersorak nonton bareng. Asyik deh pokoknya.

Cuma satu hal yang sangat disayangkan, beberapa saat sebelum pertandingan berakhir tepatnya di menit ke 89, terjadilah putusan wasit yang begitu kontroversial hingga ditunjuklah titik putih oleh sang wasit. Yah itulah sang pengadil, sesalah apapun keputusannya, pasti akan menjadi benar, walaupun pada akhirnya akan diakui kesalahannya.

Saya teringat saat irlandia melawan prancis yang pada akhirnya berkat bantuan tangan tieri henry, akhirnya perancis lolos ko piala dunia. Saat itupun wasit tetap kekeh bahwa keputusannya benar, walaupun beberapa hari setelah pertandingan tersebut, akhirnya sang wasit mengakui kesalahannya. Siapakah yang rugi? tentunya timnya yang dipersalahi wasit. namun nasi udah jadi bubur, pertandingan sudah selesai, skor tidak mungkin di rubah.

Seandainya ada kartu kuning dan kartu merah untuk wasit, mungkin akan lain jadinya 🙂 Namun tentunya akan menjadi poin positif tersendiri, apaila kita bisa menyikapinya dengan dewasa, lebih cantik lagi kalau kedua tim, dan si wasit juga bersikap lebih dewasa. tidak membuat keputusan yang merugikan salah satu tim.

Fakta tersebut di atas banyak sekali hal yang dapat kita ambil hikmahnya, bahwa tidak ada keadilan yang mutlak di di dunia ini, namun satu-satunya keadilan yang mutlak hanya di sisi Allah. Sahabatku, mulai saat ini janganlah terlalu berkeluh resah dengan ketidakadilan yang seringkali menghampiri kita. memang terkadang kita harus berikap keras apabila ada yang mencurangi kita, namun yakinlah bahwa Allah akan selalu bersikap adil dan semuanya akan kembali padaNya.

Kata Mutiara Cinta – Kata Indah Tentang Cinta

Kata Mutiara Cinta – Kata Indah Tentang Cinta

Kata Kata Mutiara Cinta – Ketika seseorang dilanda asmara dan sedang merasakan cinta kepada seseorang kata kata pun tanpa disadari terucap dan menjadi rangkaian kata yang sangat indah. Kata tersebut biasa disebut dengan kata mutiara cinta yang biasa digunakan untuk mengungkapkan perasaan yang sedang dialami.

Kata Cinta | Kata Mutiara Cinta

Kata Mutiara Cinta biasa dijadikan media untuk mencurahkan isi perasaanmu kepada sang pujaan hati, biar hatinya merasa berbunga-bunga. Silahkan simak kata mutiara cinta yang romantis dibawah ini.

Kumpulan Kata Mutiara Cinta
Ketika kamu melontarkan sesuatu dalam kemarahan, kata -katamu itu meninggalkan bekas seperti lubang di hati orang lain. Kamu dapat menusukkan pisau pada seseorang, lalu mencabut pisau itu. Tetapi, tidak peduli berapa kali kamu meminta maaf, luka itu akan tetap ada. Dan, luka kerana kata – kata adalah sama buruknya dengan luka berdarah.

Lebih baik kebencian yang menumbuhkan rasa cinta dalam hati, dari pada rasa cinta yang mengawali hingga membuat kebencian.

Masa lalu adalah seperti melihat dari tingkap kaca yang berdebu, segalanya nampak senyap dan tidak pasti.

Wanita yang cantik tanpa peribadi yang mulia ,umpama kaca mata yang bersinar-bersinar, tetapi tidak melihat apa-apa

Yang telah berlalu biarkan ia berlalu, yang mendatang hadapi dengan cemerlang

Seorang arkeolog adalah suami terbaik yang pernah dimiliki oleh seorang wanita. Semakin tua istrinya, semakin tertarik dia kepada istrinya.

Jangan salahkan grativasi jika kau jatuh cinta.

Orang tidak pernah tahu betapa spesialnya seseorang sampai mereka pergi meninggalkannya, tetapi kadang-kadang hal meninggalkan itu menjadi penting, sehingga mereka diberikan kesempatan untuk melihat betapa spesialnya sesorang itu.

Jatuh cinta adalah hal yang mudah, memeliharanya pun tak sulit, kesepian manusia sudah cukup menjadi penyebabnya. Yang sulit dicari adalah teman yang kehadirannya terus menerus menjadikan dia orang yang terus diinginkan.

Ada 2 titis air mata mengalir di sebuah sungai. Satu titis air mata tu menyapa air mata yg satu lagi,” Saya air mata seorang gadis yang mencintai seorang lelaki tetapi telah kehilangannya. Siapa kamu pula?”. Jawab titis air mata kedua tu,” Saya air mata seorang lelaki yang menyesal membiarkan seorang gadis yang mencintai saya berlalu begitu sahaja.”

Ada banyak cinta yang coba kita perjuangkan, tapi hanya ada satu yang pantas kita pertahankan.

Ada hal-hal yang sangat ingin kamu dengar tetapi tidak akan pernah kamu dengar dari orang yang kamu harapkan untuk mengatakannya. Namun demikian, janganlah menulikan telinga untuk mendengar dari orang yang mengatakannya dengan sepenuh hati.

Ada saat-saat dalam hidup ketika kamu sangat merindukan seseorang sehingga ingin hati menjemputnya dari alam mimpi dan memeluknya dalam alam nyata. Semoga kamu memimpikan orang seperti itu.

Air mata wanita adalah senjata yang membuahkan kemenangan.

Aku harap kamu bisa membaca pikiranku, disana semua tentangmu.

Aku Mencintaimu Karena aku meyakini didalam hatimu slalu tersimpan kebahagiaan buatku.

“Cinta itu Buta” itu tidak benar : jika tidak, mengapa cowok mencari cewek cantik dan cewek mencari cowok ganteng ?

Berilah cinta tanpa meminta balasan dan kita akan menemui cinta yang jauh lebih indah

Cinta bagaikan api, yang dapat menghanguskan hati mu, namun cinta juga bagaikan udara yang segar karna dapat menyejukan hati.

Cinta bagaikan lampu yang indah menerangi hati, namun jika cinta redup akan membutakan segalanya.

Demi cinta semua pun di relakan, namun ketika cinta itu hilang susah untuk di relakan

Doa memberikan kekuatan pada orang yang lemah, membuat orang tidak percaya menjadi percaya dan memberikan keberanian pada orang yang ketakutan

Emas diuji dengan api, wanita diuji dengan emas dan lelaki diuji dengan wanita.

Hati yang terluka umpama besi bengkok walau diketuk sukar kembali kepada bentuk asalnya

Hidup penuh cinta bagaikan di kelilingi 7 bidadari

Ikuti apa kata hatimu, karna kata hati ialah petunjuk langkah maju yang sesungguhnya

Jangan pernah harapkan kembali yang telah tiada, namun jangan pernah lupakan kenangan yang pernah ada.

Jangan tertarik kepada seseorang kerna parasnya, sebab keelokan paras dapat menyesatkan. Jangan pula tertarik kepada kekayaannya kerna kekayaan dapat musnah. Tertariklah kepada seseorang yang dapat membuatmu tersenyum, kerna hanya senyum yang dapat membuat hari-hari yang gelap menjadi cerah.

Ke gagalan cinta yang kita jaga sangat lah sakit, namun ketika kita menemukan cinta sungguh berarti hidup kita.

Demikian Kumpulan Kata Mutiara Cinta, semoga bermanfaat.

Menjaga Akhlak Kepada Allah SWT

Menjaga Akhlak Kepada Allah SWT

Bismillaahirrohmaanirrohiim
Mudah-mudahan Allah SWT yang Maha Mengetahui siapa diri kita yang sebenarnya, menolong kita agar dapat mengetahui kekurangan yang harus diperbaiki, memberitahu jalan yang harus ditempuh, dan memberikan karunia semangat terus-menerus sehingga kita tidak dikalahkan oleh kemalasan, tidak dikalahkan oleh kebosanan, dan tidak dikalahkan oleh hawa nafsu. Dan mudah-mudahan pula warisan terbaik diri kita yang dapat diwariskan kepada keluarga, keturunan, dan lingkungan adalah keindahan akhlak kita. Karena ternyata keislaman seseorang tidak diukur oleh luasnya ilmu. Keimanan seseorang tidak diukur oleh hebatnya pembicaraan. Kedudukan di sisi Allah tidak juga diukur oleh kekuatan ibadahnya semata. Tapi semua kemuliaan seorang yang paling benar Islamnya, yang paling baik imannya, yang paling dicintai oleh Allah, yang paling tinggi kedudukannya dalam pandangan Allah dan yang akan menemani Rasulullah SAW ternyata sangat khas, yaitu orang yang paling mulia akhlaknya.

Walhasil sehebat apapun pengetahuan dan amal kita, sebanyak apapun harta kita, setinggi apapun kedudukan kita, jikalau akhlaknya rusak maka tidak bernilai. Kadang kita terpesona pada topeng duniawi tapi segera sesudah tahu akhlak buruknya, pesona pun akan pudar.

Yakinlah bahwa Rasulullah saw. diutus kedunia ini adalah untuk menyempurnakan akhlak. Hal ini ditanyakan sendiri oleh beliau ketika menjawab pertanyaan seorang sahabat, “Mengapa engkau diutus ke dunia ini ya Rasul?” Rasul menjawab, “innama buitsu liutamimma makarimal akhlak”, “Sesungguhnya aku diutus ke dunia hanyalah utnuk menyempurnakan akhlak.”

Sayangnya kalau kita mendengar kata akhlak seakan fokus pikiran kita hanya terbentuk pada senyuman dan keramahan. Padahal maksud akhlak yang sebenarnya jauh melampaui sekadar senyuman dan keramahan. Karenanya penjabaran akhlak dalam perilaku sehari-hari bukanlah suatu hal yang terpecah-pecah, semua terintegrasi dalam satu kesatuan utuh, termasuk bagian akhlak kita kepada Allah.

Akhlak kita kepada Allah SWT harus dipastikan benar-benar bersih. Orang yang menjaga akhlaknya kepada Allah, hatinya benar-benar putih seperti putihnya air susu yang tidak pernah tercampuri apapun. Bersih sebersih-bersihnya. Bersih keyakinannya, tidak ada sekutu lain selain Allah. Tidak ada satu tetes pun di hatinya meyakini kekuatan di alam semesta ini selain kekuatan Allah SWT sehingga ia sangat jauh dari sifat munafik.

Bagaimanakah sifat orang munafik itu? tokoh sufi Imam Al Ghazali menuturkan ucapan Imam Hatim Al Ashom (tokoh sufi yg masyhur di Khurasan, wafat 237 H.) ketika mengupas perbedaan antara orang mukmin dengan orang munafik :

“Seorang mukmin senantiasa disibukkan dengan bertafakur, merenung, mengambil pelajaran dari aneka kejadian apapun di muka bumi ini, sementara orang munafik disibukkan dengan ketamakan dan angan-angan kosong terhadap dunia ini.

Seorang mukmin berputus asa dari siapa saja dan kepada siapa saja kecuali hanya kepada Allah, sementara orang munafik mengharap dari siapa saja kecuali dari mengharap kepada Allah SWT.

Seorang mukmin merasa aman, tidak gentar, tidak takut oleh ancaman siapa pun kecuali takut hanya kepada Allah karena dia yakin bahwa apapun yang mengancam dia ada dalam genggaman Allah, di lain pihak orang munafik justru takut kepada siapa saja kecuali takut kepada Allah, naudzubillaah, yang tidak dia takuti malah Allah SWT.

Seorang mukmin menawarkan hartanya demi mempertahankan agamanya, sementara orang munafik menawarkan agamanya demi mempertahankan hartanya.

Seorang mukmin menangis karena malunya kepada Allah meskipun dia berbuat kebajikan, sementara orang munafik tetap tertawa meskipun dia berbuat keburukan.

Seorang mukmin senang berkhalwat dengan menyendiri bermunajat kepada Allah, sementara seorang munafik senang berkumpul dengan bersukaria bercampur baur dengan khalayak yang tidak ingat kepada Allah.

Seorang mukmin ketika menanam merasa takut jikalau merusak, sedangkan seorang munafik mencabuti seraya mengharapkan panen.

Seorang mukmin memerintahkan dan melarang sebagai siasat dan cara sehingga berhasil memperbaiki, larangan dan perintah seorang mukmin adalah upaya untuk memperbaiki, sementara seorang munafik memerintah dan melarang demi meraih jabatan dan kedudukan sehingga dia malah merusak, naudzubillaah.”

wahai ikhwan dan akhwat. Nampak demikian jauh beda akhlak antara seorang mukmin dengan seorang munafik. Oleh karenanya kita harus benar-benar berusaha menjauhi perilaku-perilaku munafik seperti diuraikan di atas. Kita harus benar-benar mencegah diri kita untuk meyakini adanya penguasa yang menandingi kebesaran dan keagungan Allah. Kita harus yakin siapa pun yang punya jabatan di dunia ini hanyalah sekedar makhluk yang hidup sebentar dan bakal mati, seperti halnya kita juga. Jangan terperangah dan terpesona dengan kedudukan, pangkat, dan jabatan, sebab itu cuma tempelan sebentar saja, yang kalau tidak hati-hati justru itulah yang akan menghinakan dirinya.

alhamdulillaahirobbil’aalamiin

Kisah Si Penjual Sepatu – Motivasi Hidup

Kisah Si Penjual Sepatu – Motivasi Hidup

Pada awal-awal saya mengenal dunia internet pada tahun 2002 lalu saya membeli sebuah buku berjudul “TRIK Membangun Situs Web Gratis” karya Tri Aji Winasis. Buku inilah salah satu ‘buku sakti’ di mana banyak mengajarkan saya tentang seluk beluk dunia internet khususnya tentang tata cara web design dan bisnis online.

Ada yang menarik dari buku yang berisi bonus sebuah disket (floppy disk) ini, yaitu ada beberapa kisah yang dapat memberikan inspriasi bagi pembacanya.

Di blog saya ini saya akan mengangkat beberapa kisah inspiratif yang berada di dalam buku dan disket tersebut, kisah-kisah yang dapat memberikan inspirasi positif bagi Anda tentang pentingnya berpikir positif, bahkan kisah di bawah ini merupakan salah satu kisah favorit saya yang terus saya ingat karena menjadi salah satu basic untuk berpikir positif untuk membangun mental yang kuat.

Kisah si Penjual Sepatu
Di sebuah perusaahan sepatu ada seorang bos yang ingin meluaskan pasar penjualan produknya, untuk mewujudkan niatnya tersebut dipanggilah 2 orang karyawan, yaitu Si A dan Si B…

Si Bos
“Kalian berdua saya panggil ke kantor saya karena kalian akan saya beri tugas untuk memasarkan sepatu dari perusahaan kita”
“A kamu bertugas di wilayah yang penduduknya sudah mengenal sepatu.”
“B kamu bertugas di wilayah yang penduduknya belum mengenal sepatu.”

Si A
“Baik bos”

Si B
“Oke bos”

Keduanya diberikan 10 pasang sepatu dengan tipe yang sama dan keduanya diberikan waktu yang sama yaitu selama 1 minggu untuk memasarkan sepatu-sepatu tersebut, dan setelah satu minggu mereka berdua harus melapor kembali kepada Si Bos bagaimana hasil dari penjualan masing-masing.

Dan mereka pun berangkat ke daerah yang sudah ditentukan…
Mereka pun memasarkan produknya masing-masing….

Dan setelah 1 minggu berlalu mereka melaporkan hasil penjualan mereka…

Si Bos
“Sudah 1 minggu semenjak saya memberikan kalian tugas untuk memasarkan sepatu, bagaimana hasilnya?”
“Di mulai dari kamu A, bagaimana hasil penjualan kamu?”

Si A
“Alhamdulillah ya, sesuatu banget… penjualan sepatu saya laris manis, bahkan banyak yang mau pesan lagi karena penduduk di tempat berjualan saya sudah familiar dengan sepatu, maka itu cukup mudah untuk menawarkan sepatu kepada mereka.”

Si Bos
“hebat, hebat”
“Lalu bagaimana dengan kamu B, bagaimana dengan hasil penjualan kamu?”

Si B
“Hmm… boro-boro mau laris bos, tidak ada satupun sepatu yang terjual karena di tempat berjualan saya masyarakatnya masih primitif, belum familiar dengan sepatu, maka itu saya sulit menawarkan sepatu kepada mereka.”
“Ini tidak fair bos, Si A diberikan lokasi yang enak, sedangkan saya diberikan lokasi yang tidak enak.”

Si Bos
“Baiklah… supaya fair saya akan men-switch alias menukar tempat berjualan kalian.”
“B sekarang kamu bertugas di wilayah yang penduduknya sudah mengenal sepatu.”
“A sekarang kamu bertugas di wilayah yang penduduknya belum mengenal sepatu.”
“Kalian berdua akan kembali diberikan produk yang sama dan waktu yang sama yaitu selama 1 minggu, setelah 1 minggu kalian harus memberikan laporan kepada saya.”

Si A
“Baik bos”

Si B
“Oke bos”

Setelah satu minggu berlalu, keduanya datang ke ruangan Si Bos untuk memberikan laporan…

Si Bos
“Oke, saya ingin mendengar laporan penjualan dari kalian berdua, dimulai dari kamu A.”
“Wow, luar biasa bos… semua sepatu terjual! bahkan terjual lebih cepat dari tempat berjualan saya yang pertama, lebih dari itu bos, di tempat saya yang baru lebih banyak penduduk yang mau memesan lagi karena penduduk di tempat saya berjualan masih primitif dan belum familiar dengan sepatu, maka itu sepatu dianggap barang baru bagi mereka sehingga banyak penduduk yang ingin memakainya.”

Si Bos
“Luar biasa, hebat, hebat.”
“Lalu bagaimana dengan kamu B, bagaimana dengan hasil penjualan kamu?”

Si B
“Hmmm…. hanya terjual 2 pasang sepatu bos, itu juga susah banget… karena di tempat berjualan saya penduduknya sudah familiar dengan sepatu, maka itu sepatu bukan lagi barang baru bagi mereka sehingga hanya terjual sedikit sepatu…”

Si Bos
“Hmmmmm……”

Apa yang kita bisa pelajari di kisah tersebut?
Jawabannya adalah:

“Susah atau Mudah Tergantung Pada Pola Pikir Kita”
Kalau cara kerja kita benar dan berpikir positif maka hasilnya Insya Allah akan positif.
Berpikirlah positiflah…! Lihat segala sesuatu dari sisi baiknya…!!

Semoga terinspirasi…. 🙂

Ayah Hebat, Ayah Pejuang, Ayah Terbaik

Ayah Hebat, Ayah Pejuang, Ayah Terbaik

Clark, Seorang anak berumur 11 tahun.Malam itu , Ia akan menonton sirkus bersama ayahnya. Ia sudh menunggu 1 minggu untuk bisa melihat atraksi itu

Ketika tiba di loket, Clark dan Ayahnya mengantri di belakangserombongan keluarga besar yang terdiri dari Bapak, Ibu dan 8 orang anaknya.Mereka sepertinya dari keluarga yang sederhana.

Keluarga itu terlihat bahagia . Anak-anaknya berteriak-teriak penuh keceriaan sambil memerankan binatang-binatang yang ada dalam iklan sirkus itu.

Dari pembicaraan mereka, Clark tahu bahwa Bapak ke-8 anak tadi bekerja ekstra untuk dapat mengajak anak-anaknya menonton sirkus malam itu.

Namun, ketika sampai di loket dan hendak membayar, wajah Bapak
8 anak tadi nampak pucat pasi. Ternyata uang 40 dollar yang telah dikumpulkannya dengan susah payah, tidak cukup untuk membayar tiket untuk 2 orang dewasa dan 8 anak yang total harganya 60 dollar.

Pasangan suami istri itu pun saling berbisik, bagaimana harus
mengatakan kepada anak2 mereka bahwa malam itu mereka batal
nonton sirkus karena uangnya kurang.

Sementara anak2 nya tampak begitu gembira dan sudah tidak sabar
untuk segera masuk ke sirkus.

Tiba2 Ayah Clark menjatuhkan uangnya. Kemudian menyapa Bapak 8 anak tadi dan berkata: “Maaf Pak, uang ini tadi jatuh dari saku Bapak”, sambil menjulurkan lembaran 20 dollar dan mengedipkan sebelah matanya.

Bapak 8 anak tadi takjub dengan apa yg dilakukan Ayah Clark.
Dengan mata berkaca-kaca, ia menerima uang tadi dan mengucapkan
terima kasih kepada Ayah Clark, dan menyatakan betapa 20 dollar tadi
sangat berarti bagi keluarganya.

Tiket seharga 60 dollar pun terbayar dan dengan riang gembira keluarga
besar itupun pun segera masuk ke dalam sirkus.

Setelah rombongan tadi masuk, Clark dan Ayahnya segera bergegas pulang.

Ya, mereka batal nonton sirkus, karena uang Ayah Clark sudah diberikan
kepada Bapak 8 anak tadi.

Malam itu, Clark merasa sangat bahagia.Ia tidak kecewatidak bisa melihat sirkus dengan ayahnya.Yah dia gagal melihat pertunjukan sirkus. Tapi sebgai gantinya telah melihat pertunjukan dua orang Ayah hebat.Yang akan dia kenang sepanjang hidupnya!

Rasulullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya Allah ta’ala hanya merahmati hamba-hambaNya yang pengasih.” (HR. Bukhari)

“Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat.” (HR. Bukhari)

“Manusia yang paling dicintai oleh Allah adalah manusia yang paling banyak bermanfaat dan berguna bagi manusia yang lain; sedangkan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah memberikan kegembiraan kepada orang lain atau menghapuskan kesusahan orang lain, atau melunasi hutang orang yang tidak mampu untuk membayarnya, atau memberi makan kepada mereka yang sedang kelaparan dan jika seseorang itu berjalan untuk menolong orang yang sedang kesusahan itu lebih aku sukai daripada beri’tikaf di masjidku ini selama satu bulan ” ( Hadits riwayat Thabrani ).

” Barangsiapa yang bersikap ramah kepada orang lain dan meringankan beban hidupnya baik sedikit maupun banyak maka kewajiban bagi Allah untuk memberikan kepadanya pelayanan dengan pelayanan surga ”
(HR Thabrani ).